Sejarah Desa

Kondisi Desa

            Sejarah Desa

                        Sejarah desa Kasang Lopak Alai sebelum tahun 1982adalah bagian dari desa Lopak Alai. Pada tahun 1982 desa Lopak Alai dimekarkan menjadi dua desa.

Satu desa Lopak Alai yang pada waktu itu dipimpin oleh Datuk Usman Tholip, kemudian desaKasang Lopak Alai dipimpinOleh Datuk H.M Syafe’idengan Sekdesnya Bapak Kasim Inas dibantu oleh tiga orang kepala urusan yaitu:

  1. Bapak Sudarno S, sebagai Kaur Pemerintahan
  2. Bapak Susilo Budiono sebagai Kaur Pembangunan
  3. Bapak M. Saleh sebagai Kaur Umum

Kasang Lopak Alai pada waktuitu dibagi menjadi dua Dusun yaitu Dusun Air Mawar (Dusun I) dan Dusun Andil (Dusun II), Dusun Air Mawar dipimpin Oleh Bapak Warso dan Dusun Andil dipimpin Bapak Ngadirin, dan kemudian terdiri dari dua (2) RW dan 6 RT yang masing-masing RW membawahi beberapa RT.

Datuk H.M Syafe’i menjabat sebagai Datuk Kepala DesaKasang Lopak Alaidari tahun 1982 s/d 1988kemudian diteruskan oleh Bapak Sudarno S, yang menjabat sebagai PJS selama kurun waktu kurang lebih 2 tahun, kemudian pada tahun 1990 untuk pertama kalinya didesa Kasang Lopak Alai di adakan pemilhan Kepala Desayang pada waktu itu di ikuti oleh dua orang kandidat atau calon, yaitu Bapak Sudarno S, dan Bapak Junaidi Sy. Setelah diadakan pemilihan, terpilihlah Bapak Junaidi Sy menjadi Kepala Desa Kasang Lopak Alai periode 1990 s/d 1998 dan yang menjadi sekdesnya Bapak Sudarno S, serta dibantu oleh tiga kepala urusan (KAUR) yaitu:

  1. Bapak Ngadirin sebagai Kaur Pemerintahan
  2. Bapak Budiono sebagai Kaur Pembangunan
  3. Bapak M. Saleh sebagai Kaur Umum

Kemudian pada tahun 1993 Bapak M. Shaleh yang menjabat sebagai Kaur Umum mengundurkan diri kemudian digantikan oleh Bapak Sariman.

Pada tahun 1998 masa jabatan Kepala Desa Kasang Lopak Alai Bapak Junaidi Sy berakhir setelah itu Desa Kasang Lopak Alai melakukan kembali pemilihan yang kedua kalinya yang di ikuti olehh dua orang kandidat (calon) yaitu Bapak Junaidi Sy dan Bapak Ngalimin. Dalam pemilihan Kepala Desa tersebut terpilihlah Bapak Junaidi Sy untuk kali keduanya menjadi Kepala Desa terpilih periode tahun 1998 s/d  2007.

Dari tahun 1998 sampai tahun 2007 desa Kasang Lopak Alai telah mengalami kemajuan yang sangat berarti khsusnya dalam membangun sumberdaya manusia yang berkualitas. Ini terbukti dengan semakin membudayanya sistim gotong royong yang berkembang ditengah-tengah kehidupan masyarakatnya. Mulai dari banyaknya persatuan (organisasi) yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan bermasyarakatnya sampai kerjasama antar desa yang kesemuanya berjalan dengan baik.

Salah satu contoh persatuan-persatuan (Organisasi kemasyarakatan) yang hingga kini masih terus berjalan dan merupakan sebuah budaya yang tetap terjaga kelestariannya adalah sistem gotong royong dalam mengerjakan sesuatu pekerjaan dan perkumpulan-perkumpulan silahturahmi baik yang bersifat umum maupun keagamaan. Dalam bidang infrastruktur masyarakat desa Kasang Lopak Alai antara tahun 1998 s/d 2007telah banyak membuka akses jalan penghubung baik jalan lorong maupun jalan desa yang akan dilanjutkan peningkatan kwalitasnya ditahun-tahun mendatang. Dan dalam praktek kerjasama masyarakat dengan aparatur pemerintahan dalam hal ini TNI, yaitu dengan dibangunnnya sebuah masjid yang hingga kini masih berdiri kokoh dipusat pemerintahan desa. Masjid itu merupakan sebuah masjid kebanggan masyarakat desa Kasang Lopak Alai, dibangun dari kerjasama masyarakat desa Kasang Lopak Alai dengan Tentara Mandiri Masuk Desa (TMMD). Kemudian ditahun yang sama pula telah juga dibangun sebuah jembatan penghubung antar desa yang berdiri megah membelah sungai kumpeh, (Jembatan Gantung), dan masih banyak lagi kemajuan-kemajuan yang diraih pada masa itu. Oleh karena perkembangan dan jumlah penduduk yang semakin ramai, pada masa itu juga desa Kasang Lopak Alai memekarkan Rukun Tetangga (RT) yang sebelumnya terdiri dari enam (6) RT menjadi sebelas (11) RT, yang kesemuanya bertujuan agar semakin memudahkan urusan dalam masyarakatnya, dimana Dususn Air Mawar membawahi RT 01 s/d RT 08 dan Dusun Andil membawahi RT 09 s/d RT 11.

Memasuki tahun 2007 desa Kasang Lopak Alai kembali mengadakan pemilihan Kepala Desa untuk ketiga kalinya, yang pada waktu itu diikuti oleh tiga orang kandidat (calon) yaitu:

  1. Bapak Ponirin
  2. Bapak Pawi
  3. Bapak Marzuki

Setelah melalui tahapan pemilihan, kemudian ditetapkan Bapak Pawi sebagai Kepala Desa Kasang Lopak Alai yang baru periode tahun 2007 s/d tahun 2013 dan dibantu oleh Sekdes yang bernama Bapak Sudarno S, yang dibantu dengan tiga Kaur desa yaitu:

  1. Bapak Ngadirin sebagai Kaur Pemerintahan
  2. Ibu Ana sebagai Kaur Pembangunan
  3. Bapak Sariman sebagai Kaur Umum.

Pada akhir tahun 2009taerjadi pergantian Sekdes, yang mana Bapak Sudarno S karena telah uzur, digantikan oleh Bapak Sariman sebagai Sekdes Kasang Lopak Alai dan posi Kaur Umum dipegang oleh Ibu Sulastri S.

Letak Geografis

             Secara geografis desa Kasang Lopak Alai terletak di bagian selatan ibukota Kabupaten Muaro Jambi dengan luas wilayah lebih kurang ….. Ha Km2 dengan batas wilayah sebagai berikut:

  • Sebelah Utara dengan : Sungai Kumpeh
  • Sebelah Timur dengan : Desa Solok
  • Sebelah Sekatan dengan : Desa Tangkit Baru (Kec. Sungai Gelam)
  • Sebelah Barat dengan  : Desa Kasang Kota Karang

Luas wilayah desa Kasang Lopak Alai adalah : 1.425 Ha/ 20 Km2 yang terdiri dari :

  1. Tanah Sawah             : ± 131 Ha.
  2. Tanah Perkarangan : ± 650 Ha.
  3. Tanah Perkebunan : ± 644 Ha.

Keeadaan Topografi desa Kasang Lopak Alai dapat dilihat secara umum keadaannya merupakan daerah yang tanahnya datar dan sediki tinggi, dan apabila dimusim penghujan hannya sebagian saja yang terkena banjirdan beriklim sebagaimana desa-desa lain di Kabupaten Muaro Jambi yang mempunyai iklim tropis diman musim kemarau, panca roba dan penghujan hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam pertanian yang ada di Desa Kasang Lopak Alai.